MELIHAT DARI DIMENSI YANG BERBEDA

Kamis, 27 Januari 2011

Kisah Tragis Marie Antoinette, sang Ratu Perancis

Maria Antonia Josepha Johanna von Habsburg-Lothringen, lebih dikenal juga sebagai Marie Antoinette; (2 November 1755 – 16 Oktober 1793) adalah Ratu dari Perancis dan Putri Bangsawan dari Austria. Dia adalah anak dari Kaisar Kekaisaran Romawi Suci, Francis I dan istrinya Ratu Maria Theresa dari Austria dan setelah itu dia menikah dengan Louis XVI pada umur 14 tahun. Akibat posisinya sebagai istri dari Louis XVI dan ibu dari Louis XVII maka dia menemui ajalnya di pisau guillotine pada masa Revolusi Perancis di tahun 1793 dan dimakamkan bersama suaminya di makam kerajaan di Saint Denis Basilica, Paris. Selain itu dia terlahir sebagai Yang Mulia Putri Bangsawan Maria Antonia dari Austria.

Marie Antoinette, yang berumur 14 tahun, menikah dengan Louis-Auguste de France yang berumur 15 tahun. Pasangan ini kemudian menjadi salah satu pasangan raja dan ratu Perancis yang paling dikenal kisah hidupnya.

Maria Antoinette adalah seorang putri dari Austria. Ia menikah tidak lama setelah ayahnya meninggal. Sang ibu menikahkannya untuk mempertahankan tradisi kebangsawanan mereka. Louis-Auguste de France dipilih sebagai pasangan Marie Antoinette untuk memperbaiki hubungan Austria dengan Perancis.

Louis-Auguste menjadi raja Perancis pada usia 20 tahun dan disebut Raja Louis XVI. Pemerintahannya penuh dengan korupsi. Dan, sebagai ratu Perancis, Marie Antoinette suka berbelanja dan bersenang-senang. Rakyat sempat menyampaikan protes atas kebiasaan hidup mewah raja dan ratunya ini.

"Kami bahkan tidak bisa membeli roti," begitulah protes rakyat kecil pada waktu itu. Konon, menanggapi hal ini, Marie Antoinette dengan entengnya berkata, "Kalau begitu, belilah kue (yang lebih murah dari roti)..."

Akhirnya, rakyat bersatu menurunkan pemerintahan Louis XVI pada masa Revolusi Perancis.

Hidup Marie Antoinette berakhir tragis. Ia dihukum mati (dengan menggunakan pisau guillotine) pada 16 Oktober 1793. Sembilan bulan sebelumnya, suaminya juga dihukum dengan cara yang sama.

Usai pemerintahan Louis XVI, Perancis mengubah sistem pemerintahannya - dari monarki (kerajaan/kekuasaan absolut) menjadi republik.


Spoiler for Marie Antoinette

Spoiler for Marie Antoinette

Spoiler for Marie Antoinette

Spoiler for Marie Antoinette


Spoiler for Louis XVI

Spoiler for Revolusi Perancis

Spoiler for Keluarga Kerajaan Terdesak

Spoiler for Marie Antoinette & Louis XVI at Madame Tussauds Museum

Spoiler for Marie Antoinette & Family at Madame Tussauds Museum

Spoiler for Eksekusi Hukuman Pancung Louis XVI

Spoiler for Eksekusi Hukuman Pancung Marie Antoinette

Spoiler for Pisau Guillotine

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar